Monday, July 9, 2018

8 Cara Memilih Lipstik yang Cocok dengan Bibir Anda

Jika Anda tidak terlalu paham urusan kosmetik, mungkin Anda kira kalau lipstik itu sama saja. Padahal ada banyak sekali jenis lipstik, mulai dari lipstik creamy, matte, hingga lipstik yang bentuknya unik seperti liptint.

Sekarang Bacaterus akan membahas jenis-jenis dan cara memilih lipstik sesuai kebutuhan Anda. Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga kebutuhan setiap orang tidak akan sama. Ini dia penjelasan lebih lanjutnya.

8 Cara Memilih Lipstik Sesuai Kebutuhan

1. Glossy Lipstick

Jenis lipstik yang pertama akan Bacaterus bahas adalah lipstik glossy. Lipstik ini tidak terlalu populer dikalangan ibu-ibu, karena kebanyakan penggunanya adalah anak muda. Lipstik glossy banyak ditemukan dalam bentuk liquid alias cair daripada dalam bentuk stik.
Lipstik glossy merupakan pilihan yang paling tepat untuk orang-orang yang menginginkan plump lips seperti yang sedang ngehits saat ini. Lipstik glossy juga dapat memberikan efek wet look yang membuat bibir terlihat segar, sehat, dan kenyal. Sekarang mari kita masuk ke segmen cara memilih lipstik.
Lipstik glossy tidak memiliki banyak kendala, paling kekurangan lipstik ini adalah tidak transfer-proof. Jadi, ketika Anda minum, makan, bahkan berbicara, lipstik ini bisa menempel pada alat makan dan lebih cepat pudar. Nilai plusnya, semua orang dengan semua jenis kulit cocok menggunakan lipstik jenis ini.
Namun, jika Anda pemilik kulit berminyak, sebaiknya gunakan lip liner terlebih dahulu supaya lipstik glossy-nya tidak meluber ke mana-mana.

2. Sheer Lipstick

Jenis lipstik yang ke-2 adalah sheer lipstick. Bisa dibilang kalau jenis lipstik ini merupakan yang paling populer di Indonesia. Karena baik ibu-ibu, anak muda, hingga remaja yang baru belajar make up banyak yang menggunakan lipstik ini.

Bisa ditebak dari namanya, kalau sheer lipstik tidak memiliki pigmentasi yang kuat. Jadi, hasil akhir lipstik ini sangat tipis, bahkan ada lipstik sheer yang jika dipulaskan jadi lebih mirip lip balm yang dicampur lip gloss saking tipisnya warna yang dihasilkan. Karena itu, jika Anda memiliki pinggiran bibir gelap, lipstik jenis ini agak kurang cocok buat Anda.

So, cara memilih lipstik sheer untuk bibir hitam adalah dengan menutupi pinggiran bibir Anda menggunakan foundation, BB cream atau alas bedak apa pun yang Anda gunakan. Anda bisa juga menggunakan lip concealer yang memang berguna untuk menutupi hyperpigmentation di bibir.

Lipstik ini bisa juga dijadikan base atau dasar sebelum Anda menggunakan lipstik lainnya. Jadinya, lipstik ini bisa juga dijadikan pengganti lip balm sebelum Anda menggunakan lipstik matte atau satin.

3. Creamy Lipstick

Creamy lipstick merupakan versi “tebal”-nya sheer lipstick, karena warna yang dihasilkan lebih nyata. Lipstik ini sangat bagus untuk semua jenis kulit, bahkan kulit kering sekalipun, karena lipstik jenis ini biasanya mengandung banyak moisturizer. Lipstik Anda akan terlihat segar dan dewy (agak basah).

Namun, cara memilih lipstik creamy buat orang dengan kulit berminyak agak sedikit tricky. Karena lipstik ini agak cepat meluber seperti lipstik glossy dan sheer. Untuk itu, lip liner sangatlah diperlukan agar lipstik creamy dapat bertahan lebih lama di bibir Anda.

4. Satin Lipstick

Ada satu lagi “kakak”-nya lipstik sheer, namanya adalah lipstik satin. Mungkin akan ada orang yang sulit membedakan lipstik satin dengan lipstik sheer. Untuk membedakannya, lipstik satin terlihat lebih “kering” dari luar, sedangkan lipstik satin terlihat sangat basah dan creamy dari luar.

Akan tetapi, kedua lipstik ini sama-sama dapat melembabkan bibir, namun hasil yang diberikan tidak terlalu full coverage. Jika Anda menginginkan full coverage, maka akan dibutuhkan beberapa kali pulasan lipstik pada bibir Anda. Dan, jika Anda membutuhkan lipstik yang melembabkan tapi nampak kering seperti lipstik velvet, maka lipstik satin merupakan pilihan yang tepat.

5. Velvet Lipstick

Jenis lipstik yang selanjutnya adalah velvet. Lipstik ini seperti versi tipis dan ringan dari lipstik matte. Lipstik ini lebih menutrisi bibir daripada lipstik matte, jadi agak lebih bersahabat untuk pemilik kulit kering.

Cara memilih lipstik velvet tidak terlalu sulit. Hanya saja untuk orang dengan bibir kering, usahakan untuk mengaplikasikan lip balm terlebih dahulu sebelum menggunakan lipstik ini untuk menghindari dry patch.

6. Matte Lipstick

Siapa yang tidak suka lipstik matte? Sepertinya hampir semua orang pasti memiliki setidaknya satu lipstik matte. Wajar saja, karena lipstik jenis ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan difavoritkan banyak orang. Lipstik matte sangat pigmented, dapat menutupi segala kekurangan di bibir Anda dengan total.

Cara memilih lipstik matte adalah pilih yang mengandung banyak moisturizer di dalamnya agar tidak membuat bibir Anda jadi kering. Jangan lupa untuk mengeksfoliasi bibir Anda terlebih dahulu menggunakan lip scrub supaya bibir Anda jadi lebih siap ketika ditempeli lipstik yang hasil akhirnya kering ini.

7. Lip Stain/Lip Tint

Para penggemar kosmetik Korea Selatan pasti sudah khatam banget dengan jenis lipstik yang satu ini. Lip tint, atau lip stain, merupakan jenis lipstik yang paling unik yang pernah ada. Lipstik ini cair dan benar-benar berbentuk seperti air atau ada juga yang berbentuk gel.

Lip tint sangat populer dikalangan pecinta musik dan drama Korea. Tapi, sayangnya tingkat popularitas produk ini tidak berbanding lurus dengan kualitasnya. Karena berbahan dasar air, liptint memang cukup menutrisi bibir. Tapi, tetap saja liptint tidak terlalu cocok untuk orang dengan bibir kering.

Kenapa? Karena kulit bibir Anda bisa mengelupas seiring terkikisnya liptint dari bibir Anda. Dan, ya, liptint tidak memiliki daya tahan yang sangat tinggi. Memang, liptint tidak akan transfer ketika Anda makan atau minum, tapi coba saja sendiri, warna liptint tidak ada yang bertahan selama lipstik matte.

Cara memilih lipstik tipe lip tint, jika Anda menginginkan hasil yang tahan lama, carilah lip tint dengan hasil akhir matte. Biasanya lip tint matte jauh lebih tahan lama daripada lip tint dengan hasil akhir glossy. Atau, carilah lip tint yang ada keterangan “24 jam” atau “awet seharian” dan semacamnya, karena produk tersebut menjanjikan lip tint yang bertahan lebih lama daripada lip tint lainnya.

8. Moisturising Lipstick

Lipstik yang satu ini merupakan lipstik hybrid karena menggabungkan dua elemen, yaitu lipstik dan lip balm. Lipstik ini merupakan lipstik yang terbaik buat bibir kering dan pecah-pecah!
Biasanya lipstik ini mengandung lapisan yang berwarna berbeda (entah itu di bagian tengah atau pun terluar lipstik). Bagian tersebut adalah lip balm yang mengandung minyak jojoba, vitamin, lidah buaya, dll yang dapat menutrisi bibir dengan baik.

sumber : bacaterus.com

No comments:

Post a Comment

@Way2themes

Follow Me